Bab I Bilangan
- Lambang 75 dibaca tujuh puluh lima.
Lambang 62 dibaca enam puluh dua.
Lambang 103 dibaca seratus tiga.
- Banyaknya buah apel ada 85 buah.
Banyaknya buah lemon ada 95 buah.
jadi, Buah lemon lebih banyak daripada buah apel dan buah apel lebih sedikit daripada buah lemon.
- Bilangan yang terdiri dari tiga angka berturut-turut dari kiri mempunyai nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan.
- Untuk membandingkan dua bilangan digunakan tanda lebih besar (>), lebih kecil (<), atau sama dengan (=).
Contoh:
Bandingkan bilangan 411 dan 328.
Angka ratusan 4 dan 3 (4 > 3).
Jadi, 411 > 328.
- Penjumlahan dua bilangan dibagi menjadi dua bagian.
- Penjumlahan bilangan tanpa menyimpan
Contoh:
105 + 130 = 235.
- Penjumlahan bilangan dengan menyimpan
Contoh:
- Pengurangan dua bilangan dibagi menjadi dua bagian.
- Pengurangan bilangan tanpa menyimpan
Contoh:
Jadi, 245 – 115 = 130.
- Pengurangan bilangan dengan menyimpan
Contoh:
- Penjumlahan dan pengurangan mempunyai hubungan berikut ini.
Jika a + b = c, maka c – a = b atau c – b = a
Jika a – b = c, maka a – c = b atau b + c = a
- Urutan pengerjaan operasi hitung campuran yang mempunyai tingkatan sama dimulai dari operasi hitung yang pertama (dari kiri).
Untuk pelajaran membandingkan bilangan. Tanda yang digunakan dalam membandingkan bilangan adalah berikut ini.
Lambang 62 dibaca enam puluh dua.
Lambang 103 dibaca seratus tiga.
Banyaknya buah lemon ada 95 buah.
jadi, Buah lemon lebih banyak daripada buah apel dan buah apel lebih sedikit daripada buah lemon.
Contoh:
Bandingkan bilangan 411 dan 328.
Angka ratusan 4 dan 3 (4 > 3).
Jadi, 411 > 328.
- Penjumlahan bilangan tanpa menyimpan
Contoh:
105 + 130 = 235. - Penjumlahan bilangan dengan menyimpan
Contoh:
- Pengurangan bilangan tanpa menyimpan
Contoh:
Jadi, 245 – 115 = 130. - Pengurangan bilangan dengan menyimpan
Contoh:
Jika a + b = c, maka c – a = b atau c – b = a
Jika a – b = c, maka a – c = b atau b + c = a
Untuk pelajaran membandingkan bilangan. Tanda yang digunakan dalam membandingkan bilangan adalah berikut ini.
> , lebih besar dari
< , lebih kecil dari
= , sama dengan.
> , lebih besar dari
< , lebih kecil dari
= , sama dengan.
Membandingkan Bilangan Puluhan
Langkah untuk membandingkan bilangan puluhan adalah sebagai berikut.
1. Jika puluhannya sama maka lihat satuannya.
2. Jika puluhannya beda, maka lihat yang besar dan yang kecil.
Contoh :
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda >, <, atau = dengan benar!
1. 36 … 34
2. 42 … 21
Pembahasan :
1. Pada bilangan 35 dan 34 puluhannya sama yakni 3, dengan begitu bandingkan satuannya. 6 dan 4 lebih besar 6. Maka, 36 lebih besar dari 34.
Jadi, 36 > 34
2. Pada bilangan 42 dan 21, puluhannya berbeda. 4 lebih besar dari 2, sehingga 42 lebih besar dari 21.
Jadi, 42 > 21
Langkah untuk membandingkan bilangan puluhan adalah sebagai berikut.
1. Jika puluhannya sama maka lihat satuannya.
2. Jika puluhannya beda, maka lihat yang besar dan yang kecil.
Contoh :
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda >, <, atau = dengan benar!
1. 36 … 34
2. 42 … 21
Pembahasan :
1. Pada bilangan 35 dan 34 puluhannya sama yakni 3, dengan begitu bandingkan satuannya. 6 dan 4 lebih besar 6. Maka, 36 lebih besar dari 34.
Jadi, 36 > 34
2. Pada bilangan 42 dan 21, puluhannya berbeda. 4 lebih besar dari 2, sehingga 42 lebih besar dari 21.
Jadi, 42 > 21
2. Jika puluhannya beda, maka lihat yang besar dan yang kecil.
Contoh :
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda >, <, atau = dengan benar!
1. 36 … 34
Pembahasan :
1. Pada bilangan 35 dan 34 puluhannya sama yakni 3, dengan begitu bandingkan satuannya. 6 dan 4 lebih besar 6. Maka, 36 lebih besar dari 34.
Jadi, 36 > 34
2. Pada bilangan 42 dan 21, puluhannya berbeda. 4 lebih besar dari 2, sehingga 42 lebih besar dari 21.
Jadi, 42 > 21
Membandingkan Bilangan Ratusan
langkah-langkah membandingkan bilangan
1. Angka ratusan mana yang lebih besar
2. Apabila angka ratusannya sama maka lihat puluhannya
3. jika masih sama maka lihat satuannya
Berikut ini video tentang perbandingan bilangan.
Contoh soal :
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda >, <, atau = dengan benar!
1. 521 … 512
2. 782 … 564
Pembahasan :
1. Angka ratusannya sama, sehingga kita bandingkan angka puluhannya. Angka puluhannya berbeda, dimana 2 lebih besar dari 1. Sehingga, 521 lebih besar dari 512.
Jadi, 521 > 512
2. Angka ratusannya berbeda, dimana 7 lebih besar dari 5. Sehingga, 782 lebih besar dari 564.
Jadi, 782 > 564
Nah, supaya kalian lebih memahami materi tentang Membandingkan Bilangan baik puluhan maupun juga ratusan, silahkan kerjakan beberapa soal di bawah ini dengan benar!
Bandingkan bilangan berikut dengan tanda >, <, atau = dengan benar!
1. 56 … 54
2. 86 … 64
3. 49 … 49
4. 72 … 78
5. 99 … 96
6. 125 … 152
7. 325 … 235
8. 400 … 400
9. 526 … 529
10. 734 … 724
Demikian penyajian pengetahuan untuk Belajar Matematika Dasar Kelas 2 SD Tentang Membandingkan Bilangan. Semoga bermanfaat!
referensi :
http://pustakamateri.web.id/rangkuman-materi-pelajaran-matematika-kelas-2-sd/
\https://belajarmaterisd.blogspot.com/2018/11/belajar-matematika-dasar-kelas-2-sd.html
langkah-langkah membandingkan bilangan
1. Angka ratusan mana yang lebih besar
2. Apabila angka ratusannya sama maka lihat puluhannya
3. jika masih sama maka lihat satuannya
1. Angka ratusan mana yang lebih besar
2. Apabila angka ratusannya sama maka lihat puluhannya
3. jika masih sama maka lihat satuannya
Berikut ini video tentang perbandingan bilangan.
No comments:
Post a Comment