Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA dan Bahasa Indonesia
Kelas, Semester : VI SD, 1
Materi
Pokok : Selamatkan Makhluk Hidup
Topik : Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
Pertemuan ke : 2 (23 Juni 2021)
Alokasi Waktu : 2 JP (45 menit x 2)
Pertumbuhan karakter Kristus yang diharapkan:
- Anak-anak dapat lebih mengetahui
tentangciptaan-ciptaan Tuhan yang indah dan belajar mensyukurinya dengan
menjaga ciptaan Tuhan tersebut sesuai dengan mandat budaya dari Tuhan. (Kejadian
1:28)
A. Kompetensi Inti
KI 1:
Memaknai, menghayati dan mensyukuri atas ciptaan Tuhan (khususnya hewan dan tumbuhan ) dengan merawat dan melindunginya.
KI 2:
Memiliki perilaku tanggung jawab dan peduli atas
hewan dan tumbuhan di sekitarnya.
KI 3:
Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin
tahu ihwal tentang makhluk
ciptaan Tuhan (Tumbuhan dan hewan) yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di daerah bermain
KI 4 :
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan cara menjaganya.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. Murid mampu menggali informasi dari suatu teks laporan. 2. Murid mampu membuat teks pidato dan mempraktekkannya
dalam kelas. |
1.1 Murid mampu menganalisis inti permasalahan dari sebuah
teks laporan mengenai pelesetraian
hewan dan tumbuhan secara tepat. 1.2 Murid mampu menuliskan
minimal 5 informasi 2.1 Murid mampu memyusun teks pidato dengan tema melestarikan tumbuhan dan
hewan di sekitarnya 2.2 Murid mampu mempraktekkan pidato dengan
percaya diri. |
C. Tujuan Pembelajaran
·
Pembelajaran
ini secara umum untuk meminta anak mempraktekkan hal yang sudah dipelajari di
minggu sebelumnya.
·
Murid mampu
lebih mempedulikan ciptaan Tuhan yang ada di sekitarnya seperti tumbuhan dan
hewan serta dapat berdampak di lingkungan sekitar.
·
Murid mampu
berpikir kritis analisis suatu permasalahan.
·
Murid mampu
memberikan informasi berdasarkan data yang sesuai
·
Murid dapat
berani berbicara di depan umum dan melatih kepercayaan diri.
D. Materi Pembelajaran
Cara Menjaga
Tumbuhan dan Hewan Agar Tetap Sehat.
- Terhadap
tumbuhan:
a. Menyirami tanaman agar tanaman tersebut tetap hidup.
b. Memberi pupuk agar tanaman tersebut tidak kekurangan makanan untuk
proses pertumbuhannya.
c. Tidak menebang tanaman secara brutal.
d. Memberi obat seperti pestisida agar tumbuhan tersebut tidak terkena
hama, atau supaya hama tersebut mati agar tidak mengganggu kehidupan tanaman.
e. Membersihkan pot dari tanaman-tanaman atau benalu yang mengganggu
tanaman tersebut.
- Terhadap hewan
a. Tidak menyiksa hewan.
b. Tidak semena-mena terhadao hewan.
c. Menjaganya dnegan sepenuh hati.
d. Memberi makan yang cukup.
e. Merawatnya dengan baik.
f. Rajin memberi vitamin.
Pembahasan
Sudah
menjadi kewajiban manusia untuk menyayangi dan peduli terhadap makhluk ciptaan
Tuhan, seperti hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan merupakan ciptaan Tuhan
yang harus kita jaga lingkungan kita tetap seimbang. Coba bayangkan saja jika
kita semena-mena terhadap hewan dan tumbuhan, membiarkan orang mengekspolitasi
secara besar-besaran, membiarkan orang menggunduli hutan, dan masih banyak
lagi. Pastinya akan berpengaruh juga terhadap kehidupan manusia karena kita
hidup juga tergantung dengan hewan dan tumbuhan.
Cara menggali informasi dari sebuah laporan pengamatan
1.membaca teks dengan teliti.
2.mencari ide pokok dari
setiap paragraf.
3.menyimpulkan dan meringkas
kalimat tsb.
4.merangkai kembali teks tsb
menjadi sebuah informasi.
E. Pendekatan/Metode Pembelajaran
·
Project Based
Learning
·
Diskusi
F.
Sumber Belajar :
-
Buku Tematik
kelas 6 SD
-
Artikel
-
Video : https://www.youtube.com/watch?v=8dLh0oVesk4
G. Media Pembelajaran
-
PPT
- Video
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Doa pembuka
Mereview
singkat pembelajaran minggu lalu melalui diskusi |
10’ |
Inti |
Guru memberikan overview singkat dari 2 hal tersebu Guru memberikan instruksi tentang project dalam
kelompok Guru membagi murid dalam kelompok Murid mengerjakan project Murid praktek pidato |
70’ |
Penutup |
Murid mengumpulkan analisis informasi kelompok dari
laporan pengamatan + menjawab Guru memberikan saran dan kesimpulan Doa penutup |
10’ |
Durasi Pembelajaran : 90 menit (45x2 JP )
I.
Asesmen
·
Asesmen dilakukan
secara non-test dengan metode asesmen sumatif.
Sebab untuk mengukur sejauh mana progress dari siswa tapi tidak
menentukan hasil akhir kemampuan siswa.
·
Asesmen dilakukan
dalam bentuk kelompok dan individu
melalui project yang dirancang guru.
·
Project mengenai 3
hal :
1.
Menganalisis
dan menggali informasi dan inti permasalahan dari suatu laporan pengamatan
2.
Membuat teks
pidato berkaitan laporan pengamatan yang dianalissis (dapat berupa solusi dari
masalah, penjabaran masalah, inti dari laporan tersebut, dan lain sebagainya).
3.
Mempraktekkan
pidato tersebut di depan kelas.
·
Hal-hal yang
dinilai:
-
Kerjasama
dalam kelompok
-
Keaktifan setiap
individu
-
Analisis dan
ketepatan informasi terhadap teks
laporan
-
Susunan teks pidato
-
Praktek pidato
Tabel Penilaian:
NO. |
ASPEK YANG DINILAI |
INDIKATOR PENILAIAN |
||
YA |
TIDAK |
KETERANGAN
KHUSUS |
||
1. |
Kerjasama antar kelompok
baik |
Semua anggota kelompok
turut terlibat aktif dalam pengerjaan project . |
Hanya beberapa orang saja
yang bekerja |
|
2. |
Keaktifan setiap individu |
Berkontribusi dalam pengerjaan
project, mengeluarkan pendapat, dan berinsiatif |
Tidak melakukan apapun. |
|
3. |
Analisis
dan ketepatan informasi terhadap
laporan pengamatan |
Terdapat Analisis informasi sesuai dengan teks laporan. |
Analisis informasi sesuai
dengan teks laporan / siswa membuat topik baru |
|
4. |
Susunan teks pidato |
Seluruh atau sebagian teks
pidato sesuai dengan laporan pengamatan |
Tidak sesuai dengan laporan
pengamatan |
|
5. |
Praktek pidato |
Murid melakukan praktek
pidato. |
Murid tidak melakukan
praktek pidato |
|
Surabaya, 23 Juni 2021
Mengetahui
Kepala Sekolah, Wali Kelas 1 SD
............................................
Amelia Paramitha
No comments:
Post a Comment